Meriahnya YES, Ajang Mahasiswa FEB UGM Raih Mimpi Jadi Pebisnis

 

Acara YES! dari FEB UGM di Jogja City Mall, Minggu (12/11/2023).

 

Acara Young Enterpreneur Show (YES) yang digelar di Jogja City Mall pada 11-12 November 2023 berlangsung meriah. YES berfokus sebagai ajang bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM dalam meraih mimpi menjadi pebisnis.
YES digelar dalam rangka mengembangkan program kewirausahaan serta mencari ide bisnis yang dapat diikutkan di program inkubasi bisnis tingkat UGM, Career and Student Development Unit (CSDU) Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) bekerja sama dengan Sevenpreneur, Young Entrepreneur Show (YES!) dan bekerja sama dengan kelas Kewirausahaan yang diampu oleh Risa Virgosita, S.E., M.Sc., Ph.D.

Acara pitching & demo day tersebut ditujukan bagi seluruh finalis dari rangkaian Program Pra-Inkubasi Bisnis FEB UGM yang mengusung tema sustainable business. Kegiatan ini diikuti oleh 20 tim peserta.

Coordinator Career & Student Development Unit FEB UGM, Dr Arizona Mustikarini mengatakan YES! ditujukan bagi mahasiswa FEB UGM yang memiliki mimpi menjadi pebisnis.

“Ini sebetulnya kolaborasi ya, ada acara utama di FEB UGM. Di situ kami punya agenda untuk membantu mahasiswa yang ingin punya bisnis tapi masih bingung ide dan masih bingung harus bagaimana,” kata Arizona Mustikarini saat ditemui detikJogja di Jogja City Mall, Minggu (12/11/2023).

“Dengan adanya acara ini, kami bantu dengan langkah-langkahnya seperti mentoring sampai nanti ada presentasi ide-ide bisnis tersebut. Presentasi bisnis itu nggak hanya berfokus pada kegiatan ini, tapi memang nanti seterusnya bakal dibuat bisnis yang sustainable,” sambungnya.

YES! dibuka pada Sabtu (11/11), diawali sambutan dari CEO YES! 2023, Fathin Adib Suyono. Juga ada sambutan dari perwakilan Jogja City Mall dan Dinas Koperasi dan UMKM DIY, serta dari Ibu Arizona Mustikarini selaku Perwakilan dari FEB UGM dan Koordinator Career and Student Development Unit FEB UGM.

Pada hari kedua, Minggu (12/11), YES! diawali dengan talkshow oleh beberapa pemateri seperti Danny Wibisana selaku Direktorat Pengembangan Usaha UGM, Ivan Halim selaku Branding & Marketing Practitione, Anggraeni Pranandari, S.E., M.Sc, selaku Akademisi FEB UGM, dan Hestyriani Anisa Widyaningsih selaku CEO dari Edspert.id. Acara dilanjutkan dengan penghargaan di semua kategori seperti most sustainable business idea, innovative business idea dan favorite business idea.

Tiga Pemenang Pra-Inkubasi Bisnis FEB UGM
Setelah sesi talkshow berakhir, inilah acara puncak yang ditunggu-tunggu yaitu pengumuman pemenang Pra-Inkubasi Bisnis FEB UGM. Peraih pemenang pertama adalah jatuh kepada tim Yogya Swasthya dengan skor 4.23. Juara kedua diraih tim HEX Team dengan skor 3.46. Juara ketiga diraih LouLouDi dengan skor 3.28. Pengumuman pemenang sekaligus menutup acara Pitching & Demo Day Program Pra – Inkubasi Bisnis 2023.

Arizona Mustikarini mengungkapkan harapannya terkait dengan YES!, yaitu untuk mencetak pebisnis-pebisnis muda dari FEB UGM.

“Kami ingin mencetak entrepreneur muda dari UGM. Karena di UGM selama ini lebih banyak mencetak leaders. Tapi entrepreneur juga jadi salah satu fokus,” ujar Arizona Mustikarini.

CEO YES!, Fathin Adib Suyono berharap acara ini memiliki dampak yang positif bagi mahasiswa UGM secara khusus.

“Harapannya kalau dari sisi panitia semoga acaranya bisa terus ramai, lalu impact-nya semoga terasa. Karena balik lagi dengan adanya kita berinovasi, kita memiliki tujuan untuk bagaimana kita bisa menjangkau dan mengedukasi target market kita,” ujar Fathin Adib Suyono.

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*