• Tentang UGM
  • Tentang FEB UGM
Universitas Gadjah Mada
  • About Us
    • Career News
    • Struktur Organisasi
  • Flagship Program
    • Softskills Development
      • STAR LEAD
      • STAR LEAP
      • Star Reach
      • GO-WEST
      • STAR FLEET
      • Online Course
    • Mental Health Program
    • Career Days
    • Program Pra – Inkubasi Bisnis
  • Vacancy
    • Internship
      • Magang Kampus Merdeka
      • Magang Mandiri
      • Database Perusahaan Pengajuan Magang
    • Job
    • Scholarship Opportunities
    • Competition
  • Administration
    • Alur Pengajuan Magang
    • Alur Pengajuan Kompetisi
      • Peminjaman LAMP
    • Alur Pengajuan SKPI
    • Alur Konsultasi Psikologis Mahasiswa
  • Career Support
    • Career Portal
    • Career Mapping
  • Article
    • Mental Health
    • Career Development
  • Beranda
  • Berita CSDU
  • dr. Tirta Bagikan Tips Mengelola Usaha di Era Digital

dr. Tirta Bagikan Tips Mengelola Usaha di Era Digital

  • Berita CSDU
  • 2 December 2024, 10.45
  • Oleh: CSDU FEB UGM
  • 0

CEO Shoes and Care, dr. Tirta Mandira Hudhi hadir membagikan kisah inspiratif perjalanan hidupnya, termasuk dalam mengembangkan bisnis dalam YES! We Talk 2024 yang diselenggarakan oleh Ikatan Keluarga Mahasiswa Manajemen (IKAMMA) Fakutas Ekonomika dan Bisnis UGM, Sabtu, 9 Oktober 2024 di Gelanggang Inovasi dan Kreativitas (GIK) UGM.

“Lima puluh persen masalah di hidup kita itu hilang kalau punya uang,” begitulah celetukan dr. Tirta ketika ditanya alasan ia memulai bisnisnya, Sabtu (9/11).

dr. Tirta mengungkapkan menjadi dokter spesialis, khususnya ortopedi adalah impian lamanya. Namun, perjalanan untuk mencapai hal tersebut sangat panjang dan membutuhkan biaya besar, sementara orang tuanya sudah berusia lanjut saat itu.

“Saya realistis saja karena waktu itu orang tua saya sudah tua dan gak punya banyak privilege. Akhirnya, saya memilih untuk melanjutkan bisnis Shoes and Care ini,” ujarnya.

Ia pun membagikan sejumlah tips bagi para pelaku bisnis, termasuk dalam berkomunikasi dengan pegawai dari berbagai generasi. Menurutnya, setiap generasi memiliki gaya komunikasi yang berbeda-beda sehingga para pelaku bisnis perlu menyesuaikan diri dengan setiap generasi, terutama generasi Z yang sekarang sudah masuk dunia kerja.

“Pahami bahwa setiap generasi punya kekurangan dan kelebihannya sendiri. Misal, generasi x punya etos kerja yang lebih bagus dibandingkan milenial dan Z, tetapi gen Z juga bagus kerja di lingkungan yang fast paced,” jelasnya.

Ia juga menyoroti pentingnya bagi perusahaan untuk beradaptasi dengan generasi Z. Menurutnya, langkah ini perlu dilakukan karena generasi Z ini merupakan proporsi terbesar dalam angkatan kerja sekaligus pasar konsumen di Indonesia saat ini.

Sayangnya, tidak sedikit perusahaan yang tidak mau beradaptasi dengan gaya komunikasi generasi Z, bahkan cenderung membenci mereka. Hal ini, menurut dr. Tirta menjadi kesalahan besar karena sebuah perusahaan seharusnya mau berubah dan beradaptasi. Baginya, kemampuan perusahaan dalam menyesuaikan manajemen SDM dengan kebutuhan generasi muda akan menjadi investasi berharga untuk jangka panjang.

Dalam kesempatan tersebut dr. Tirta juga memberikan enam tips penting bagi CEO dalam mengelola perusahaan secara efektif. Pertama, tugas seorang CEO tidak hanya delegating tugas saja tetapi juga membuat Standar Operasional Pekerjaan (SOP) untuk setiap pekerjaan. Kedua, CEO harus paham dasar-dasar finansial perusahaan. Ketiga, CEO harus mengerti peran tiap pekerjaan, setidaknya memahami jenjangnya. Keempat, CEO harus paham soal hukum dan legalitas. Kelima, CEO harus punya kemampuan public speaking yang baik dan dapat membangun citra diri serta perusahaannya dengan baik. Dan keenam, CEO harus aktif di media sosial.

“Kita gak bisa mengontrol semua komplain yang masuk, baik itu dari internal maupun eksternal. Oleh karena itu, dengan kita aktif di medsos, kita bisa setidaknya memantau komplain yang muncul di sana” pungkasnya.

Tags: SDG 17 SDG 4 SDG 8 SDGs

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Rilis Terbaru

  • Strategi Sukses Menyusun CV dan Menghadapi Wawancara Kerja
  • Program Berlayar: Bercerita dan Peduli Kesehatan Mental
  • Mahasiswa FEB UGM Sabet Juara 2 Kompetisi HSBC Indonesia Business Case Competition 2025
  • Positif Terus? Toxic Positivity Bisa Bikin Kita Stres, Lho!
  • Mahasiswa FEB UGM Juara 1 Management Competition 2025
  • Tim XCELERATE Juara 2 Entrepreneur Day Business Case Competition 2025
  • FEB UGM Kembali Bagikan Sarapan Gratis Untuk Mahasiswa Selama Ujian Semester
  • Mahasiswa FEB UGM Raih Juara 1 di OCBC Ventura National Investment Competition 2025
  • Alur Pengajuan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI)
  • Jurus Sakti Menangkis Pertanyaan Basa-Basi ala Mahasiswa FEB UGM
Universitas Gadjah Mada

 

Unit Pengembangan Mahasiswa dan Karir

Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Universitas Gadjah Mada
Jl. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur, Depok, Sleman
Yogyakarta 55281

© Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju