Komunitas Business Laboratory UGM Raih Juara Umum dalam Ajang KBMK Tahun 2024

 

Komunitas Business Laboratory Universitas Gadjah Mada mengikuti ajang Kompetisi Mahasiswa Nasional bidang Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan (KBMK) tahun 2024. Pelaksanaan semi final dan grand final KBMK Tahun 2024 diselenggarakan secara luring pada tanggal 24 s.d. 29 Juni 2024 di Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Tangerang, Provinsi Banten. Kategori kompetisi pada ajang KBMK tahun 2024 ada lima meliputi: Bidang Perencanaan Bisnis, Kompetisi Bidang Komersialisasi Riset dan Teknologi Tepat Guna, Kompetisi Bidang Riset Investasi, Kompetisi Bidang Keuangan Audit Investigatif, dan Kompetisi Bidang Penulisan Karya Tulis Ilmiah.

Kompetisi Mahasiswa Nasional bidang ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan (KBMK) merupakan kompetisi yang tidak hanya mengevaluasi kemampuan akademik dan nalar mahasiswa dalam bidang ilmu, tetapi juga merupakan sebuah upaya untuk mendekatkan kemitraan antara akademisi, dunia usaha dan pemerintah. Tema yang diangkat pada tahun ini adalah “Eksplorasi Peluang Produksi dan Konsumsi Bertanggung Jawab serta Penerapan Ekonomi Sirkular Pada Era Industry 4.0 dan Society 5.0 untuk Percepatan Transformasi Ekonomi Nasional yang Inklusif dan Berkelanjutan Dalam Kerangka Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan”. Tema ini berkaitan cukup erat dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDG) ke-12.

Universitas Gadjah Mada mengirimkan empat tim untuk mengikuti babak semifinal yang diselenggarakan secara luring di UMN Tangerang. Tim yang mengikuti yaitu Tim Artemis di bidang Riset Investasi, Tim Assurify dan Tim Veritas di bidang Keuangan Audit Investigatif, dan Tim Cigrosys di bidang Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Berdasarkan hasil pelaksanaan babak semifinal, sejumlah 3 tim dari UGM berhasil lolos ke tahap grand final.

Pada pengumuman grand final, Tim Artemis dan Tim Cigrosys dari Universitas Gadjah Mada berhasil memperoleh penghargaan Terbaik Nasional I setara dengan medali emas. Tim Artemis berasal dari Bidang Riset Investasi dengan judul karya “SIDO: Consistency Business with Quality”. Anggota tim ini yaitu Hafidh Firdaus Muzakk (FEB/Prodi Akuntansi), Muhammad Rizqy Al Faris (FEB/Prodi Akuntansi), dan Haniyah Nur Hasanah (FEB/Prodi Ilmu Ekonomi). Tim Cigrosys berasal dari Bidang Karya Tulis Ilmiah dengan judul karya “CIGROSYS (Circular Green Solutions for Ecology System): Strategi Pemanfaatan Lahan Gambut Nonproduktif Eks Kelapa Sawit Melalui Perikanan Udang Vaname”. Anggota dari tim ini yaitu Mohammad Agta Annafi’ Sugiyantoro (FEB/Prodi Ilmu Ekonomi) dan Hasan Adi Nugraha (Prodi Kartografi dan Penginderaan Jauh).

Selain itu, prestasi juga diraih oleh Tim Assurify dari Universitas Gadjah Mada berhasil memperoleh penghargaan sebagai Tim Terbaik Nasional II setara dengan medali silver. Tim Assurify berasal dari Bidang Keuangan Audit Investigatif dengan judul karya “Analisis Kasus Dugaan Kecurangan (FRAUD) dalam Pengadaan Hard Drive di Perusahaan Perbankan”. Anggota tim ini yaitu Clara Alverina Laurensia (FEB/Prodi Akuntansi), Billy Hendriansyah (Prodi Manajemen dan Penilaian Properti), dan Jeremy Christian Muward (Prodi Akuntansi Sektor Publik).

Prestasi membanggakan ini merupakan hasil kerja keras dan perjuangan anggota tim, dosen pembina dan pembimbing serta Komunitas Business Laboratory UGM. Harapannya, prestasi ini dapat menjadi sumber inspirasi dan semangat bagi mahasiswa lain untuk terus berinovasi dan mengharumkan nama Universitas Gadjah Mada di kancah nasional maupun internasional.

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*