Tim Pairgrowth Raih Juara Pertama dalam Corporation Stock Analysis Competition 2023

 

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) kembali mendapatkan berita gembira. Pada Jumat (18/07), Tim Pairgrowth, yang beranggotakan Ali Alexander (Manajemen 2021) dan Elsa Firlyani (Manajemen dan Penilaian Properti SV 2021), berhasil meraih juara pertama dalam lomba tingkat nasional Corporation Stock Analysis Competition (CSAC) 2023. CSAC merupakan kompetisi kolaborasi yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen dan Kelompok Studi Pasar Modal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Halu Oleo. Melalui kompetisi ini, generasi muda diharapkan mampu melakukan analisis atau penilaian terhadap nilai intrinsik sebuah saham sehingga lebih selektif dalam mengambil keputusan untuk berinvestasi.

Perlombaan ini berlangsung dari 29 Mei hingga 18 Juli 2023. Setelah melalui serangkaian tahap, Tim Pairgrowth menjadi salah satu dari tujuh finalis terpilih. Mereka berhasil mencapai posisi ini setelah melakukan analisis komprehensif terhadap perusahaan ICBP (PT Indofood CBP Tbk.) menggunakan pendekatan Top-Down. Dalam paper ini, mereka memperhitungkan aspek makroekonomi, industri, profil perusahaan, keunggulan kompetitif, risiko umum dan spesifik, keuangan, valuasi (DCF, DDM, multiple valuation), serta analisis teknikal. “Pendekatan kami yang menyeluruh dan mendalam dalam analisis ini membantu kami mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang ICBP,” ujar Ali.

Ali, selaku ketua tim, mengungkap bahwasanya tantangan terbesar yang dialami Tim Pairgrowth datang pada 17 Juli 2023, yakni ketika mereka melakukan presentasi di hadapan para juri. Para juri tersebut meliputi dua dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Halu Oleo dan seorang penyelenggara dari Bursa Efek Indonesia (BEI) Sulawesi Tenggara. “Dengan kepercayaan diri dan pengetahuan yang mendalam, kami berhasil mengesankan juri dengan pemahaman kami yang komprehensif tentang ICBP dan analisis yang matang,” kenang Ali. Tim Pairgrowth mengaku senang dan bangga karena kerja keras dan dedikasi mereka diakui dalam lomba ini. Selamat kepada Tim Pairgrowth atas prestasi yang berhasil diraih!

Reportase: Adella Wahyu Pradita